Recipe: Appetizing Rujak Petis Buah / Rujak Cingur

Rujak Petis Buah / Rujak Cingur. Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya. Namanya yang unik ini diambil dari bahan utama, yaitu cingur yang berarti mulut. Nah, yang biasa digunakan adalah irisan mulut sapi.

Rujak Petis Buah / Rujak Cingur Ini adalah video jajan rujak di Kutoarjo trimakasih sudah menonton video ini jangan lupa subscribe ya #kulinerpurworejo #kulinerkutoarjo #rujakbuah. Rujak cingur asli Surabaya umumnya berisi buah-buahan rujakan seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, dan kerahi atau krai yang merupakan sejenis timun khas Jawa Timur. Sedangkan untuk sayuran yang digunakan untuk resep rujak cingur adalah tauge atau. You can have Rujak Petis Buah / Rujak Cingur using 16 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Rujak Petis Buah / Rujak Cingur

  1. You need of bumbu :.
  2. Prepare 1/4 buah of pisang kelutuk.
  3. It's sejumput of garam.
  4. Prepare sejumput of terasi.
  5. You need sesuai selera of cabai rawit.
  6. It's 1-1.5 sdm of kacang tanah, goreng.
  7. It's 1-5 sdm of petis udang (jgn lupa dimasak dgn dikukus).
  8. Prepare secukupnya of air (sampai kira2 bisa mengentalkan bumbu).
  9. It's of buah :.
  10. You need opsional of sih terserah mau buah apa aja, tp saya pake ini ;.
  11. You need of mentimun.
  12. It's of nanas.
  13. You need of krai.
  14. You need of jambu monyet.
  15. You need of bengkuang.
  16. Prepare of mangga muda.

Sayangnya walaupun di Indonesia ada berbagai macam jenis kuliner, rujak yang terkenal hanyalah rujak buah dan rujak cingur. Kamu cuma perlu membuat bumbu petis khas Madura dan dimakan dengan potongan mangga muda atau mentimun. Rujak cingur khas Surabaya sudah terkenal kelezatan dan kenikmatannya. Gak cuma di Surabaya, Jawa Timur, kamu bisa menemukannya di berbagai Daripada beli di luar terus, berikut IDN Times kasih rekomendasi resep rujak cingur khas Surabaya dan cara membuatnya yang enak bisa kamu.

Rujak Petis Buah / Rujak Cingur step by step

  1. Haluskan kacang, garam, pisang klutuk, cabe rawit, dan trasi dengan cara di uleg..
  2. Setelah halus tambahkan petis matang, lalu campurkan. Kemudian tambahkan air sekitar 2-3 sdm. Jgn terlalu encer krn mentimun dan jambu monyet mengandung banyak air yg akan keluar saat diaduk. Koreksi rasa..
  3. Iris buah sesuai keinginan tipis/tebalnya. Kemudian campurkan dgn cara agak dipenyet pake muntu nya biar bumbunya melekat di buah..
  4. Selesai, bisa ditambahkan krupuk pasir dan lontong. Nom nom~.

Rujak Cingur Surabaya adalah salah satu jenis makanan tradisional khas dari Jawa Timur terutama kota Surabaya. Rujak khas surabaya ini biasanya disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang dicampur yaitu nanas, mangga, bengkuang, kedondong, timun dan. Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya terbuat dari irisan moncong sapi dengan bumbu kacang dan petis. Resep dengan petunjuk video: Rujak Cingur adalah salah satu makanan favorit khas Jawa Timur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recipe: Delicious Rujak cingur

Recipe: Yummy Rujak Cingur Suroboyo

Recipe: Tasty Rujak cingur