Recipe: Delicious Rujak cingur

Rujak cingur. Rujak Cingur Surabaya adalah salah satu jenis makanan tradisional khas dari Jawa Timur terutama kota Surabaya. Rujak khas surabaya ini biasanya disajikan dengan perpaduan buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang dicampur yaitu nanas, mangga, bengkuang, kedondong, timun dan kangkung atau bisa juga buah dan sayur yang lainnya.

Rujak cingur Rujak is available everywhere across Indonesia, and there are rich variations within the. Rujak cingur is one of many versions of Indonesian rujak, a fruit salad which consists of different tropical fruits, usually served with a spicy and sweet dressing. Rujak cingur is a unique variety, because apart from fruits, it also incorporates vegetables and a rare ingredient - animal muzzle. You can have Rujak cingur using 23 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Rujak cingur

  1. It's 100 gr of cingur sapi.
  2. Prepare 100 gr of toge,cuci bersih.
  3. Prepare 1 ikat of kangkung,potong & cuci bersih.
  4. It's 1 bh of tahu,goreng.
  5. You need 1 bks of tempe,goreng.
  6. It's 1 bh of mentimun,potong-potong.
  7. You need 1 potong of nanas,potong-potong.
  8. Prepare 1 bh of bengkoang,cuci bersih,potong-potong (ukuran kecil).
  9. It's 1 bh of belimbing,cuci bersih potong-potong (jika suka).
  10. Prepare Secukupnya of mie basah (jika suka).
  11. Prepare of Pelengkap :.
  12. You need Secukupnya of lontong.
  13. It's Secukupnya of kerupuk.
  14. Prepare of Bumbu petis :.
  15. Prepare 1 (00 gr) of kacang tanah goreng/sangrai.
  16. Prepare 100 gr of petis udang/petis madura.
  17. Prepare 1 sdm of gula merah.
  18. You need 1 bh of pisang klutuk.
  19. Prepare 15 of cabe rawit/sesuai selera.
  20. You need 2 siung of bawang putih goreng.
  21. You need 1/2 sdm of air asam jawa.
  22. Prepare Secukupnya of garam.
  23. Prepare Secukupnya of air matang.

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Arekan Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis. Masak hingga cingur lunak, angkat dan tiriskan.

Rujak cingur instructions

  1. Cuci bersih cingur sapi,rebus sampe empuk,angkat dan potong-potong sesuai selera..
  2. Rebus toge,kangkung sampe matang.angkat,tiriskan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu petis..
  4. Tata potongan lontong,sayuran,tahu,tempe,nanas,bengkoang,belimbing,mentimun dan mie di atas piring saji dan siram dengan bumbu petis. Sajikan..

Lihat juga resep Rujak cingur khas Malang enak lainnya. Resep Rujak Cingur Surabaya Enak - Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang paling populer di daerah Jawa. khususnya di kota Surabaya daerah Jawa Timur. dalam bahasa jawa kata cingur ini memiliki arti mulut. cingur ini merupakan salah satu ciri khas pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam sebuah hidangan rujak. Terkadang, apabila dagangannya tidak laku, Mbah Nia tak jarang tidur di tempat jualan itu. Resep Rujak Cingur - Rujak cingur merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur, terutama di kota asalnya Surabaya. Namanya yang unik diambil dari kata cingur, yang artinya adalah mulut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recipe: Delicious Rujak cingur

Recipe: Yummy Rujak Cingur Suroboyo

Recipe: Tasty Rujak cingur