Easiest Way to Cook Yummy Rujak Cingur Khas Jawa Timur

Rujak Cingur Khas Jawa Timur. Nyobain rujak cingur makanan khas jawa timur ini di kota Bondowoso. Rujak cingur depan telkom jalan D. I Panjaitan, Bondowoso ini paling terkenal karena.

Rujak Cingur Khas Jawa Timur Get your team aligned with all the tools you need on one secure, reliable video platform. Anda bisa menemukan banyak sekali makanan khas dari jawa timur dengan menjelajahi Rujak cingur adalah makanan khas dari wilayah jawa timur paling popular. Resep Rujak Cingur - Versi Wikipedia Indonesia, Rujak cingur merupakan sajian tradisional yang khas di daerah Jawa, tepatnya di kota Surabaya Jawa Timur. You can have Rujak Cingur Khas Jawa Timur using 23 ingredients and 6 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Rujak Cingur Khas Jawa Timur

  1. You need 1/4 ikat of kangkung, siangi.
  2. Prepare 100 gr of taoge, buang ekor dan tutup kepalanya.
  3. Prepare 4 buah of timun, iris tipis.
  4. You need 250 gr of cingur sapi.
  5. Prepare 1 buah of tahu, goreng lalu potong-potong.
  6. You need 1/2 papan of tempe, potong lalu goreng.
  7. Prepare 2 buah of lontong ukuran kecil, potong-potong.
  8. You need of Bumbu perendam cingur:.
  9. It's 2 siung of bawang putih.
  10. You need 1/2 sdt of ketumbar.
  11. It's secukupnya of garam.
  12. You need of Bumbu yang dihaluskan:.
  13. It's 10 buah of cabe rawit merah.
  14. Prepare 1 sachet of terasi.
  15. Prepare 1/2 buah of pisang batu, iris tipis.
  16. Prepare 8 sdm of kacang tanah goreng.
  17. You need 200 gr of gula merah.
  18. Prepare 1 sdt of asam jawa.
  19. Prepare 8 sdm of petis udang.
  20. You need secukupnya of garam.
  21. It's secukupnya of air.
  22. You need of Pelengkap:.
  23. It's secukupnya of kerupuk.

Cingur merupakan sebutan unik yang dalam bahasa Indonesia nya memiliki arti mulut. Yang special dari rujak yang satu ini adalah isiannya. Keunikan rujak khas Jawa Timur terlihat pada bumbu rujak yang tak biasa, yakni mengandung petis udang, terasi, dan pisang batu. Kalau tak suka dengan tekstur cingur sapi, kamu bisa mengganti cingur dengan bagian daging lainnya, misalnya has luar atau kikil.

Rujak Cingur Khas Jawa Timur instructions

  1. Cuci bersih semua sayuran kemudian tiriskan..
  2. Cuci bersih cingur sapi kemudian tiriskan. Kemudian rebus cingur bersama dengan bumbu perendam sampai air menyusut, angkat. Kemudian goreng dalam minyak panas hingga matang, angkat dan tiriskan. Potong-potong kecil. Sisihkan..
  3. Rebus kangkung dan taoge hingga matang, angkat lalu tiriskan dan sisihkan..
  4. Diatas cobek besar haluskan cabe rawit merah, terasi, kacang goreng, asam jawa, gula merah, pisang batu, garam hingga halus. Kemudian tambahkan petis giling lagi sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan air, aduk hingga bumbu tercampur rata..
  5. Setelah bumbu tercampur rata, masukkan kangkung, timun, taoge, tahu, tempe, cingur dan lontong. Aduk sampai semua tercampur secara merata..
  6. Tata diatas piring saji dan tambahkan kerupuk sebagai pelengkap..

Rujak cingur juga masuk dalam pilihan makanan khas Jawa Timur yang tidak bisa dilewatkan. Jika Anda suka dengan menu rujak, maka menu ini harus Anda coba terutama saat berkunjung ke daerah di Jawa Timur. Seperti namanya, bahan utama dalam menu ini adalah cingur yang merupakan. Makanan khas Jawa Timur - Tidak bisa dibantah, Jawa Timur memang menjadi surganya wisata kuliner menakjubkan yang sulit diabaikan begitu saja. Berbeda dari rujak biasanya yang berisikan irisan buah-buahan dan sambel, Rujak Cingur menjadi kesukaan para pecinta kuliner karena.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recipe: Delicious Rujak cingur

Recipe: Yummy Rujak Cingur Suroboyo

Recipe: Tasty Rujak cingur