How to Prepare Perfect Rujak cingur khas surabaya

Rujak cingur khas surabaya. Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Rujak cingur khas Surabaya sudah terkenal kelezatan dan kenikmatannya. Gak cuma di Surabaya, Jawa Timur, kamu bisa menemukannya di berbagai kota di Indonesia.

Rujak cingur khas surabaya Rujak cingur adalah salah satu makanan khas dari jawa timur. Rujak cingur bisa anda dapatkan banyak di kota Surabaya. Rujak cingur sendiri campuran dari buah-buahan, sayuran, cingur sapi, dan kuah yang terbuat dari kacang yang lezat. You can have Rujak cingur khas surabaya using 13 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Rujak cingur khas surabaya

  1. Prepare 3 sendok makan of kacang sudah disangrai.
  2. Prepare 2 sendok makan of petis.
  3. Prepare secukupnya of Air asam jawa.
  4. Prepare 2 buah of bawang putih yg sudah digoreng.
  5. You need 4 buah of cabe rawit (boleh ditambah atau dikurangi).
  6. You need of Garam.
  7. Prepare 3 of lontong.
  8. It's of Touge.
  9. It's 2 buah of tahu besar.
  10. Prepare 1 ikat of kangkung.
  11. You need of Kikil/cingur yg sudah direbus.
  12. You need of Kerupuk.
  13. It's of Bawang goreng untuk taburan.

Baca Juga : Cara Membuat Rujak Es Krim Yang Lezat. Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya.

Rujak cingur khas surabaya instructions

  1. Pertama sangrai kacang tanah,dan goreng bawang putih sisihkan..
  2. Cuci bersih kangkung siangi, dan potong-potong,siangi touge kemudian cuci bersih,sisihkan..
  3. Rebus kangkung dan touge cuma sebentar,angkat dan rendam diar dingin,tiriskan..
  4. Ambil 3 sendok kacang yang telah disangrai,ulek dengan bawang putih yg sudah digoreng,cabe rawit,garam,ulek sampai halus,kemudian masukan bumbu petis dan air asam jawa,aduk rata,koreksi rasa,sisihkan..
  5. Goreng tahu,dan potong-potong dadu kecil,potong2 kotak kecil juga kikil/cingur yg sudah direbus sampai empuk..
  6. Potong2 kecil lontong,letakan dipiring,taruh juga sayuran dan tahu,juga kikil,siram dengan bumbu petis yg tadi telah diulek,taburi bawang goreng diatasnya,lengkapi dengan kerupuk goreng....tadaaaaa rujak cingur siap disantap..

Namanya yang unik ini diambil dari bahan utama, yaitu cingur yang berarti mulut. Nah, yang biasa digunakan adalah irisan mulut sapi. Rujak cingur punya rasa yang sangat beragam. Mulai dari gurih, pedas, manis, ditambah. Rujak cingur asli Surabaya umumnya berisi buah-buahan rujakan seperti mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, dan kerahi atau krai yang merupakan sejenis timun khas Jawa Timur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recipe: Delicious Rujak cingur

Recipe: Yummy Rujak Cingur Suroboyo

Recipe: Tasty Rujak cingur